Chai Tea

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis cerita tentang teh tarik. Dalam postingan tersebut ada kupasan sekilas tentang  Chai Tea, atau Masala Tea, minuman teh rempah asal India yang jadi nenek moyangnya teh tarik. Teh tarik bagi saya merupakan minuman terenak kedua di dunia.🙂

Chai tea (dok indrakh)

Tadi sore (9/7) saya menemukan minuman tersebut dalam daftar menu di Kopi Tiam Oey. Dengan embel-embel teh boemboe India, saya jadi tertarik untuk pesan. Meskipun sebenarnya tidak matching dengan makanan yang saya pesan sebelumnya: nasi pindang koedoes.

Chai tea ternyata datang tersaji lebih dulu di meja, dibandingkan nasi pindang koedoes. Penasaran dengan rasanya langsung saya coba. Hhmmm…. dari wanginya sudah saja sudah mantap, aroma rempahnya menyengat. Yang paling tercium sih wangi kayu manis, jahe dan kapulaga. Sruputan pertama ……Beuhhh bener enak surenak! Menghangatkan tenggorokan.

Berbeda dengan teh tarik yang hanya berasal dari campuran teh, susu, dan bubuk kayu manis plus batang kayu manis yang berfungsi sebagai sedotan, Masala tea atau Chai tea ini lebih kaya campurannya. Selain terbuat dari campuran teh dan susu, terdapat bahan lain yang dimasukkan dalam minuman ini, yakni: madu, kapulaga, kayu manis, pala, dan jahe. Sepintas sih rasanya seperti jamu beras kencur, tapi jauh lebih enak. Sruputtt🙂

Tinggalkan komentar

Filed under food and drink, jajanan, Jakarta, Jalan-jalan, kuliner

Tinggalkan Balasan

