Sop Konro Marannu

Beberapa hari belakangan ini hujan seperti enggan beranjak dari kota Bandung. Tak jarang Parisj van Java terus diguyur hujan mulai sore hari hingga siang keesokan harinya. Kalau sudah begitu suasana yang paling nyaman tentu saja berdiam di rumah. Namun jika memang keukeuh ingin jalan-jalan keluar, berwisata kuliner mencari tempat makan yang enak, terutama yang menyajikan menu masakan berkuah dan agak pedas bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Salah satu tempat yang bisa Anda coba adalah Sop Konro Marannu yang berada di Jl. RE Martadinata (Riau) no 62, Bandung. Letaknya tak jauh dari Masjid Istiqamah, RSIA Tedja atau sekolah Taruna Bakti.

“Konro bakar khas RM Marannu (ya/ indra kh)”

Hari Sabtu (19/4) lalu bersama para blogger pecinta makanan saya berkunjung ke Rumah makan khas Makassar cabang dari Kelapa Gading itu. RM Sop Konro Marannu menyuguhkan berbagai menu khas seperti coto Makassar, sop konro, konro bakar, es pisang hijau, atau es pallu butung, maupun menu yang mudah ditemui seperti nasi goreng.

Sebagian besar rekan-rekan memesan sop konro dan konro bakar, plus es pallu butung. Sebenarnya ada juga yang ingin mencicipi coto Makassar hanya waktu itu sudah habis. Sayang untuk pilihan minuman, di tempat tersebut tidak ada yang aneh. Hanya ada jeruk panas atau teh botol.

“Es pallu butung dan sop konro (ya/ indra kh)”

Saya sendiri penasaran dengan sop konronya. Apakah sama enaknya dengan sop konro yang pernah saya coba di Makassar maupun Pare-Pare? Atau justru lebih enak dari sop konro Daeng Tata yang telah kesohor di wilayah Jakarta maupun Bandung?

Setelah dicicipi ternyata rasanya mantap juga. Kombinasi rempah-rempahnya pas; kayu manis, cengkeh, rasa merica dan palanya sangat terasa. Daging iga-nya juga empuk, tidak alot. Benar-benar mantap surantap. Untuk es pallu butung-nya sih biasa, tidak terlalu istimewa. Mungkin karena makannya malam hari dan di saat hujan sehingga kesegaran es yang mirip makanan bubur lemu di Jawa Barat ini tidak terlalu terasa.

Oh iya, kalau dari sisi harga makan di RM Sop Konro Marannu, per-orang berada pada kisaran Rp. 30 ribu – Rp. 40 ribu. Saya sendiri tidak tahu persisnya karena pekan kemarin ditraktir pak BR, hehe . Trims, pak.

Anda tertarik mencoba? Silahkan kunjungi RM Sop Konro Marannu di kawasan Jl. Riau, Bandung atau Kelapa Gading Jakarta yang mulai buka dari pukul 10.00 WIB – pukul 22.00 WIB. Atau jangan-jangan diantara Anda ada yang sudah sering berkunjung ke tempat tersebut? Silahkan berbagi pengalamannya di sini.

Cerita terkait: A Day In A Life (of BR)

26 Komentar

Filed under Bandung, food and drink, Jalan-jalan, kuliner, makanan, travel and places

26 responses to “Sop Konro Marannu

  1. Pertamax,…

    memang yahoood rasanya

    thanks buat pak budi yang sudah ntraktir😀

    salam dari tukang ojeg😀
    eh, sopir deng

  2. hua,, ada ya blogger pecinta makanan,, ikut gabung dooonggg.. *pengen mode:mrgreen:

  3. Terus terang, belum pernah ke situ. Wuiiih…nampaknya enak ya. Nunggu diajak Mas Rayyan😀

  4. dingin-dingin enaknya makan yang anget-anget mas, wah..kalo soal hujan, didaerah saya nampaknya hujan sudah berpamitan untuk tidak kembali sampai musim penghujan tahun depan mas, jadi sekarang ini hangatnya minta ampun!

  5. Jadi teringat dua tahun lalu ketika bertugas di Ambon Maluku, makanan yang paling cocok untuk lidah urang Bandung mah memang konro, atau ikan bakar Hampir tiap hari makan konro diseling coto. Rumah makannya sederhana Jl. Sultan Babulah Ambon. Jadi pengen juga ke marannu yeuh….Sama nggak yah rasanyah ?

  6. *masukin jadi Target Operasi*:mrgreen:

  7. Nyam…nyam…nyam…nyam…. udah lama nggak ngerasain sop konro euy! Jadi pengin! Nambah kolesterol nih tapinya!😀

  8. Oalah pak, 4 hari lalu aqu dari Istiqomah dsktrnya, weleh-weleh gak kepikir tuk makan malam “sop konro marannu” jadi pengen pisan euy, kelihatannya sedap tenan je.

  9. aduh maknyus banget deh… nyam nyam euy.. hoyong ditraktir euy

  10. Waw . . . bersar sekali porsinya . . . menggoda seh . . . tapi sanggup ngak yah dihabisin .. .

  11. Pertama kali makan Sop Konro, saya tidak mampu menghabiskan. Serem banget soalnya, seperti hidup di jaman purba. Tulang dan dagingnya besar banget, He he ehe…
    Tapi jangan salah … sekarang, pasti disikat habis …
    Barusan saya tunjukin blog ini ke rekan saya di kantor (yg kebetulan salah seorang pemiliknya), jadi punya alasan minta sop konro gratis … he he he he….
    Tks Pak Indra …😀

  12. jadi kangen ama sop konro , terakhir makan waktu di Balikpapan kemaren
    ada resepnya ngga ? saya mau nyoba bikin sendiri

  13. jadi uda terbentuk toh blogger kuliner??waaaah sy ga masuk euy!

  14. Rully

    saya baru sekali makan di tempat ini. memang … rasanya oks bangget.:mrgreen:

  15. wah ada yang kulieran..ikutan dong..
    Kalo yang ini saya belum pernah, tapi kalo yang daeng tata pernah sekali yang di setiabudhi cuma ko ga cocok ya ama lidah..jadi penasaran kira2 beda ga ya…yang sip sih emang ukurannya..makan b2 juga cukup😀

  16. hwaa…aku suka blog ini…banyak makanannya! sayangnya gambar doang ga bisa dicobain😦 hehehe…

    salam kenal ya Pak Indra, tetap sehat tetap semangat biar bisa jalan2 dan makan2 trus di review deh🙂

  17. Wah, jd ngiler neh.. Jg teringat saat di Makasar dulu ndul.

  18. Ping-balik: Rumah Makan Marannu (cabang Kelapa Gading Jakarta) « R. Ardiansyah Natakusumah

  19. wahh.. itu makanan di kampung saya mas..
    apalagi makan di tempat asalnya, wahh nikmat banget.

  20. wah…ajak ajak dong klo hunting kuliner😀

  21. ovie

    iya …. kayaknya enak
    kapan-kapan pengen makan di sana kalo diajak hehe

  22. wah sy juga orang bandung. dan kayaknya mau ikut nih ama rekomendasi kamu. tapi sop konro emang seenak apa yah

    heheh jadi berkhayal🙂

  23. Ping-balik:   Pengalaman pertama makan KONRO. yummi by Minus.Human|Always.Minus

  24. Ping-balik: Konro Bakar Daeng Situju, Benhil « Indra KH

  25. Hehehe…memang enak sekali. Tiap hari juga gak bosen. tapi awas kolesterol dan hipertensi..hahahaha..

    salam kenal dari Makassar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s