Sop Buah Pak Ewok

Maraknya tulisan tentang menu tajil dan lokasi tempat makan untuk berbuka belakangan ini, seperti ditunjukkan Pak Budi, Om Rully, Mas Ryosaeba dan yang lainnya turut menggerakkan saya untuk menulis hal yang sama.

Kamis (20/9) sore kemarin dalam perjalanan pulang ke rumah tiba-tiba timbul rasa penasaran ingin mencari menu tajil yang berbeda selain kolak, kurma atau gorengan. Niat awal sebenarnya ingin membeli “Es Shanghai Fadhilah” di sekitar pasar Simpang Dago, namun saat melewati kawasan Gasibu saya teringat sebuah lokasi penjual Sop Buah di Jl. Cilamaya, Bandung yang berada tak jauh dari situ. Sop buah itu terkenal dengan nama Sop Buah Pak Ewok.

sop1.jpg

“Sop Buah Pak Ewok di Belakang Gedung Sate (indrakh)”

Penjual sop buah ini berjualan menggunakan gerobak di sekitar trotoar Gedung Sate. Antrian pembeli menjadi pemandangan sehari-hari bila kita melewati Jl.Cilamaya. Pada hari biasa, puncak kerumunan peminat sop buah biasanya terjadi pada siang hari, sedangkan pada bulan puasa seperti sekarang pembeli mulai ramai di sore hari. Mungkin saking banyaknya pembeli, Pak Ewok sebagai pemilik usaha ini harus mengerahkan banyak orang untuk melayani peminat sop buahnya. Sore kemarin sedikitnya 8 hingga 10 orang saya lihat sibuk dengan tugasnya masing-masing. Ada yang bagian mengupas buah, memotong buah, meracik kuah, menuangkan es, melayani pembeli, dan lain sebagainya.

Pak Ewok menjadikan es kelapa muda sebagai bahan utama untuk kuah sopnya, sedangkan campuran buahnya terdiri dari: alpukat, nangka, tomat, mangga, belimbing, stroberi, sirsak, apel, melon, pepaya, pear, manggis, jambu biji merah, lengkeng, timun suri, dan agar-agar. Kita pun bisa meminta durian sebagai buah tambahan. Sebagai pelengkap Pak Ewok menambahkan susu kental manis dan es batu ke dalam racikannya. Harga seporsi sop buah ini pun relatif murah, yakni Rp 6000 untuk yang tanpa durian. Sedangkan untuk sop buah plus durian harganya Rp 8000.

sop3.jpg

“Sop buah plus durian, dingin dan menyegarkan (indrakh)”

Rasa sop buah Pak Ewok ini memang mantap surantap. Banyaknya buah-buahan yang digunakan menimbulkan kombinasi rasa manis dan asam yang dingin menyegarkan. Sangat pas sebagai menu tajil di bulan puasa seperti saat ini.

Asal muasal pemilihan nama Pak Ewok sebagai brand sop buah di Cilamaya ini konon mengacu kepada sosok sang pemilik yang memang brewokan. Tampilan Pak Ewok dengan ciri khas brewoknya ini pun sampai menjadi dasar untuk logo dagangannya (lihat gambar logo Pak Ewok dalam spanduk pada gambar atas). Secara sepintas gaya penggunaan logo tersebut mirip dengan gaya logo yang digunakan Kentucky Fried Chicken yang melekat dengan sosok Kolonel Sanders, sang pemilik resep rahasia ayam goreng asal negeri Paman Sam.

Untuk menjangkau lokasi ini tidaklah sulit. Jalan Cilamaya berada tepat di belakang Gedung Sate. Dari arah timur Anda bisa mencapainya lewat Jl Diponegoro (Gasibu) dan belok ke kiri di perempatan sebelah gedung DPRD Jawa Barat. Bisa juga masuk lewat Jl Citarum, atau masuk dari arah Jl Banda.

Jadi jika Anda mampir ke Bandung, jangan lupa untuk mengunjungi tempat sop buah ini. Tertarik mencoba? Hati-hati bisa jadi bakal ketagihan😀

21 Komentar

Filed under Bandung, Jalan-jalan, kuliner, makanan, ramadhan, travel and places

21 responses to “Sop Buah Pak Ewok

  1. yan

    15U3………………

    @ yan: A 711 P

  2. D 6051 P …

    @ roisz: N 9113 R

  3. Sop Buah ini memang enak, saya coba pertama kali yang di Cabang Bogor🙂

    Di Bogor lokasinya berada di rumah yang dibuatkan saung-saung. Jika dibungkus, tempatnya berupa gelas besar plastik plus sendok.

    Oh iya untuk rasanya tidak berbeda, karena kuncinya di air gulanya.

    @ Rayyan: Saya pernah dengar sop buah Pak Ewok yang di Bogor, hanya belum pernah nyobain😀

  4. cleguk

    @ Budi Sulistyo: Silahkan dicoba mas😀

  5. akang kumaha damang atuh?
    ah rindu bandung…eh akang bandungna dipalih mana yeuh?

    @ Liezmaya: Alhamdulillah, kumaha sawalerna? Abdi di Bandung kaler tuh, apal meureun rute wisata anu macet wae saban sabtu sareng ahad

  6. enggar

    Sip, besok keliling ah cari menu berbuka yang mantap surantap gud marsugud dan sip markisip (niru rully)😀

    @ enggar: selamat mencari menu yang oks banget (niru rully juga)😀

  7. sandimuda

    “””….top banget kisah tajil tuk bukanya pak, aqu sering lewat jalan itu, berhenti aja belum pernah di Sop buah pak Ewok…. he….he…he…. aju jadi malu sendiri nich…………”””” @@@@@

    @ sandimuda: coba saja buktikan sendiri😀

  8. wah.. di depannya Nasi pecel kediri … slurp .. slurp…

    @ ipans: waah boleh juga nih rekomendasinya. Jalan-jalan lagi, ahh😀

  9. mang, pesen 1 mangkok yang pake durian:mrgreen:
    /* ngasih uang 8 rebu ke mang odonk */

    @ Rully: ini, om (sambil ngasih mangkok bergambar durian doank)😀

  10. Rully

    gleks. /* seger sigana */
    kasuat-suat euy. secara geus lila pisan teu kadieu.:mrgreen:

    @ Rully: secara datangan deui weh ameh teu ngareuy:mrgreen:

  11. Yum yum yum yum… puasa2 lihat gini jadi ngiler…
    Wah itu deket rumahku di terusan Ciliwung
    Btw… salam kenal juga, thanks ya udah mampir di blogku!🙂

    @ Yari NK: Waah deket rumah mah bisa sering ya, mas😀

  12. Sayang pa saya Alergi ES, jadi Op Buah Pak Ewok memang cocok untuk saya pa (halah ieu mah atuh ngarusak brand)

    @ taryan: Mun alergi ‘S” mah atuh janten: ayang pa aya alergi E, jadi Op Buah Pak Ewok memang cocok untuk aya pa (halal ieu mah atuh ngaruak brand)😀

  13. kang Indra,
    mohon code buat Bloggerian rank diganti dengan yang baru. ada perubahan alamat ke http://tophits.bloggerian.or.id, sehingga gambar dan syntaxnya akan salah jika pake yang lama.

    sorry for the inconvenience

    @ Didi: mangga kang, akan saya ganti. Trims infonya🙂

  14. kutap ketap ngareuy..

    raosan mana jeung nu di simpang?
    ah tapi sami² keneh da nya, buah² keneh.

    @ Roffi: sareng es shanghai Fadhilah di Simpang mah sami raosna kang😀

  15. xwoman

    ari pa Ewokna masih aya keneh eta teh kang?
    *halah… kalah naros pa Ewokna😀 *
    Tipayun kantos ninggal di STV acara Bandung tea…tapi teu acan ari ngaraosan mah😀
    Nuju saum panas2 jigana sueger nuang sop buah hehehe… *hush*

    @ xwoman: sakaterang abdi mah masih aya, teh. Mung kamari mah teu kantos pendak😀 teu nanaon upami bade tuang nu kieu asal engke tos maghrib, hehe.

  16. sop buah yg ini memang mantaB surantaB!! hmm menjelang buka baca tulisan ini membuat saya jadi menelan ludah😀

    @ gies: rasanya oks banged😀

  17. Siska

    kayaknkya enak tuh.. Tp jauh ya..
    Aku di Jambi sih..

    @ Siska: mudah-mudahan Pak Ewok mau buka cabang di Jambi, hehe. Trims sudah mampir.

  18. Ping-balik: It’s WP24 and bestfriends_wp » Blog Archive » Wisma Endi, Siomay Rp. 11.500 dan Sop Buah Pak Ewok

  19. ucha

    resepnya mana kasih tau donk………………………..?

  20. ChaCha

    wah 9w uda coba ni cabang sop buah pak ewok yang di bogor daerah Taman Kencana…
    tempatnya PW n seGeRRRR bGdhh! huehehhe

  21. dian

    pengeeeennn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s