Susu Sapi dan Yoghurt KPSBU, Oleh-Oleh Khas Lembang

Hari masih pagi. Mentari baru saja beranjak dari peraduannya di ufuk timur. Namun hal itu tak menyurutkan langkah para peternak sapi perah Lembang untuk bergegas menuju kandang ternaknya. Tak lama seusai itu, mereka pun melanjutkan aktivitasnya untuk segera menyetor susu sapi hasil perahan mereka ke lokasi pengumpulan sementara. Di tempat tersebut telah menunggu mobil pengangkut yang siap mengantarkan susu sapi ke Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPSBU) untuk pengolahan selanjutnya.

peternak ; courtesy indra kh

Langkah para peternak menuju tempat penampungan KPSBU (indrakh)

Hingga kini sedikitnya terdapat 6000 peternak sapi perah yang bergabung dengan KPSBU Lembang. Setiap harinya, tidak kurang dihasilkan sekitar 110 ton susu sapi dari kawasan yang juga terkenal dengan sektor agrowisatanya ini. Stok yang melimpah dari para peternak sapi perah Lembang tidak sampai menyulitkan pemasaran. Pasalnya sudah ada pihak swasta yang siap menampung pasokan dari KPSBU. Demikian informasi yang saya baca dari Harian Umum Pikiran Rakyat (19/4).

loket kpsbu ; courtesy indra kh

Suasana loket KPSBU Lembang saat hari libur(indrakh)

Bagi Anda yang juga penasaran ingin mencicipi segarnya susu sapi Lembang berikut menu olahan lainnya, seperti yoghurt, tidak perlu kecewa. Pasalnya pihak KPSBU tidak menyetorkan semua stok ke pabrik susu . Mereka tetap menyediakan stok untuk dijual langsung kepada masyarakat umum. Satu liter susu murni dijual dengan harga Rp. 2300, – sementara untuk susu pasteurisasi Anda cukup merogoh kocek Rp. 1500, – per cup. Jika penasaran ingin mencoba yoghurt aneka rasa, Anda bisa membelinya dengan harga Rp. 2000, – per cup. Hanya saja jangan kaget jika Anda melihat pembeli yang penuh sesak, terutama saat datang waktu libur atau akhir pekan.

petugas kpsbu ; courtesy indra kh

Kesibukan karyawan KPSBU saat melayani pembeli (indra kh)

Lokasi penjualan susu milik KPSBU tak jauh dari pusat kota Lembang, tepatnya di bagian timur pasar panorama Lembang. Jadi, jika Anda ingin berkunjung ke sana jadikanlah pasar panorama sebagai acuan lokasi. Lokasi terminal Lembang pun terletak tak jauh dari tempat ini. Jadi bila Anda tak memiliki kendaraan pribadi, beberapa rute angkutan umum menuju Lembang ( ST Hall – Lembang, Ciroyom – Lembang) bisa menjadi pilihan.

***

Tulisan terkait tentang Lembang:

  • Lembang Pesona Pegunungan
  • Tangkuban Parahu yang Tetap Mempesona
  • Kawah-kawah Gunung Tangkuban Parahu
  • Strawbery walk wisata strawbery petik sendiri
  • Wisata Kebun Anggrek dan Kaktus Lembang
  • Susu Sapi dan Yoghurt KPSBU Lembang
  • Tahu Tauhid Lembang
  • Rute Alternatif Bandung – Lembang
  • Bumi Perkemahan Cikole
  • Paint Ball Sindang Reret Cikole
  • 54 Komentar

    Filed under travel and places

    54 responses to “Susu Sapi dan Yoghurt KPSBU, Oleh-Oleh Khas Lembang

    1. RAN

      pertamax!
      wah, coba bawa dong 1 atau 2 liter mah ke Sarang.šŸ˜€

      @ RAN : dibawa ke Bandung, 1 liter jadi 5000, hahaha muatre pisan

    2. OOT
      saya dulu pernah ditanya kepanjangan dari KPBS saya jawab dengan polos Koperasi Pengusaha Besar Susu apa bener ????
      <strong>@ Wak Guru : Hehe, setau saya mah Koperasi Peternak Susu Bandung (Selatan). </strong>

    3. Susu sapi segar lebih enak. Anak saya juga kelihatannya lebih seneng susu sapi segar. Pulang ke bandung kayaknya jadi pelanggan baru euy.

      @ Roffi : Di Bandung sepertinya banyak juga depotnya, kang. Tentu akan lebih segar lagi kalau mencoba minum susu sapi yang baru saja diperah (bisa beli langsung ke peternak). Hanya mungkin dari sisi higienisnya belum teruji oleh pihak Koperasi.

    4. susu sapi aja segar,… apalagi susu … yang lainnyašŸ˜€
      @ Roisz : Waah maksudnya apa ini ? Untung dari mulai judul sudah saya luruskanšŸ˜€

    5. @mang Indra, banyak mang
      misalnya Susu Kuda Liar, Susu kambing, dan susu-susu yang lainnyašŸ˜€

      @ Roisz : Kirain susu beruangšŸ˜€

    6. wah kapan2 perlu merasakan nih… sebab seumur ini kayaknya belum pernah menikmati itu susušŸ™‚

      @ Pak Urip : Kalau susu sapi, mau dikirim ke Kalteng takut keburu basišŸ™‚

    7. weh….glek, merasakan satu tegukan susu sapi
      wah dulu ada yang nyoba-nyoba ternak sapi perah di daerah sekitar tapi nggak sukses tuh nggak tahu kenapa, mungkin lokasi yang nggak cocok atau sebab lain, jadi sekarang tinggal bekas kandangnya doang!

      @ peyek : Mungkin ketinggian lokasi juga berpengaruh, enggak tahu tapi benar tidaknya. Sayang juga kandangnya, cak, apa tidak dimanfaatkan untuk ternak lainnya ?

    8. SUSU >> sus apaan sih….

      @ Riva : sus u-ntuk minuman manusia, mungkinšŸ˜€

    9. Dulu … Ketika kami pulang dari acara nikahan yang empunya Blog, kami sempatkan untuk mampir dipasar Lembang dan masing-masing membeli 2 Liter susu sapi yang telah dipasteurisasi. Rasanya memang jauh berbeda daripada penjual susu dipinggir jalan, susu yang kami beli lebih terasa kemurniannya.
      Tapi sekarang untuk mendapatkannya sangat mudah agen-agen KBPS sudah membuka cabang di beberapa tempat. Tengok saja di dekat Daarut Tauhiid disana sudah tersedia susu segar KBPS yang telah dipasteurisasi dengan harga tidak begitu jauh dengan harga Pusatnya di Lembang.
      Tetap sehat dengan Minum Susu *Yoi Coy!

      @ Taryan : Kalau KPBS itu beda dengan KPSBU, kang. KPBS (Koperasi Peternak Susu Bandung Selatan) sumbernya dari Pangalengan, Ciwidey dan sekitarnya. Nah KPSBU mah Bandung Utara (Lembang, Parongpong, dsk). Masing-masing memiliki jagoan menu pengolahan susu sapi. Tapi yang penting mah sama-sama susu sapi, hehe

    10. yoghurtnya boleh tuh. kalo ke jkt bawain ya? hehehe…
      eh bentar, perasaan saya udah pernah mampir ke sini deh. deja vu???

      @ Venus : Boleh, mbak mau berapa tangki ? Hehe

    11. Venus : yoghurtnya boleh tuh. kalo ke jkt bawain ya?
      Mo cari gratisan susu ya?

    12. Hendra Ciptawan

      Wahā€¦ kang Indra jadi konsumen tetap warga situ dong

      @ Hendra : Yaah kalau lagi pengen, baru beli. Bukan tergolong maniak juga sih, mas.

    13. Ndra, beuki alus nulis teh..urang mah ti saprak riset can pernah nulis deuiā€¦tumpul yeuh jigana mahā€¦bae engke urang guguru weh ka mantu Pak Intjarā€¦

      @ Abangedi : Aah ieu ge ukur nyalurkeun hobi weh mun keur nyantai, bang. Saprak guguru ka Banten jadi resep nulis jiga kieu, hahaha

    14. susunya murni semua ya,nggak ada rasa yang lain ya ndra? rasa coklat msalnya..

      @ junthit : Setahu saya begitu mas, tapi kalau yoghurtnya beraneka rasa sih (Kalau ada yang lebih mengetahui info hal ini silahkan koreksi). Kondisi ini berbeda dengan Koperasi Peternak di Bandung Selatan (KPBS) mereka memiliki produk yang lebih variatif dari sisi rasa : coklat, strawbery, dll.

    15. nana

      aku cari distributor produk susu pangalengan ni? dimana alamtanya ya ? ada gak di daerah depok ni?
      aku mau jadi agen ni

      @ nana : waduh sayang sekali saya masih belum banyak informasi kalau untuk susu pangalengan (KPBS). Kalau untuk susu sapi dari Lembang kang Nana bisa menghubungi Koperasi-nya langsung (lokasinya di pasar panorama Lembang). Dari hasil googling saya mendapatkan informasi kontak sebagai berikut : KPSBU

    16. Fitri

      susu kambing nya kalo pesen bisa dikirim sampe kota Balikpapan Kalimantan Timur ga? bisa tahan berapa lama?

      @ Fitri : Setahu saya, KPSBU lebih fokus pada susu sapi bukan susu kambing. Untuk pengiriman ke luar daerah silahkan bertanya langsung ke KPSBU Lembang : Phone :62 22 2786198 ; E-mail:perestorian@bdg.centrin.net.id ;info@kpsbu-online.com dengan Contact Person:drh. Taryat Ali Nursidik (Operating Manager).

    17. fandy

      minta info KPSB atau penjual susu sapi murni di daerah jakarta saya mau langganan neh, minta tolong yahhh..mohon dicantumkan no telpnya

      @ Fandy: mohon maaf mas Fandy, kalau info detil distributor susu KPSBU saya kurang mengetahuinya. Silahkan bertanya langsung ke KPSBU Lembang : Phone :62 22 2786198 ; E-mail:perestorian@bdg.centrin.net.id ;info@kpsbu-online.com dengan Contact Person:drh. Taryat Ali Nursidik (Operating Manager), mungkin bisa didapat informasi lebih banyak dari mereka.

    18. asep

      klo lgi jln2 di kota bandung, yg saya tau,KPSBU punya counter2 di
      daerah DT (aa gym),daerah Dipati Ukur ama di Cimindi,disitu ada yoghurtnya KPSBU

    19. Ping-balik: Kakaren « Indra KH

    20. Cilla

      Boleh minta nomer yang bisa dihubungi untuk KPSBU?
      Please mail me at cilla_wikas@yahoo.co.idšŸ™‚
      Makasih banget yašŸ™‚

    21. tolong dong…..tingkatkan kualitas susunya dan utamakan kesejehateraan nggotanya utamanamah harga susu ditingkat peternak jgn sampai masih ada harga dibawah 2600……he.he.. hatur nuhun

      @ hendi: setuju lah kangšŸ˜€

    22. Rini

      Tolong informasinya yach kalau kita sekeluarga dr jkt akan ke kebun strawberry enaknya sampai di kebun tersebut jam berapa yach dan berapa sih harganya untuk per orang bila ingin memetik sendiri dan hasil petikan strawberry tersebut dijual perkilo berapa ?
      Selain itu dari lembang (kebun strawberry ke ciater, tangkupan perahu jauh nggak ?
      Atas informnya diucapkan terimakasih, salam

    23. Kreswahyu

      Aku mo jualan susu segar, tp sampai saat ini aku blom mendapatkan agen susu sapi segar.
      ada yang bisa batuin aku ga ya? tetang info agen susu segar di Jakarta, hal ini bagiku sangat penting krn untuk kehidupan sehari bagi keluargaku disaat aku menganggur ini. Trims bila ada yang ngebantu infonya. bisa E-mail ke kreswahyu@yahoo.co.id
      Aku tunggu………..

    24. lidia

      alamatnya dimana,plus minta nomor teleponnya ada ???

      @ lidia: alamatnya di Pasar Panorama Lembang teleponnya : 022-2786198

    25. ikhwan

      aku bener pengen tahu produksi pengolahan, sampai ke pemasaranya KPSBU ini ?

    26. Darto

      sekarang di JKT udh ada yg jual Yoghurt nya KPSBU
      cb hub: Caroline di 021-92580493

    27. andri

      gimana aja ya cara2 pengolahan susu

    28. Sopian

      Ass
      Semoga KPSBU menjadi koperasi percontohan untuk Indonesia dan go international
      Wslm

    29. maharani_lestari

      Gimana syarat untuk jadi agen SUSU di purwakarta

    30. Nurcholis

      Tau kota boyolali? Main aja kesana susu perah disana melimpah perliter cuma RP.1600. Belinya jg gk usah antri. Bisa pg bisa jg siang jam 1.

    31. Cak Nurcholis

      Tau kota boyolali? Main aja kesana susu perah disana melimpah perliter cuma RP.1600. Belinya jg gk usah antri. Bisa pg bisa jg siang jam 1.

    32. Kalau mau tahu lebih lengkap tentang KPSBU dan Susu Sapi beserta hasil olahannya bisa anda kunjungi website kami di http://www.kpsbu.co.id.

      hatur nuhun!

    33. solihin

      oi mau tany rute dari bogor ke pasteurisasi susu lewat mana jaa tolong jelaskan yaaa….>>>

    34. putri

      makasihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh banyak ea udah bantu 3 buat tugasssssss sebenernya c deket banget rumahh so …………… tanx be 4 eaaa

    35. dwi suherman

      kpsbu itu is the best lah !!!

    36. Ada peta lokasinya ? Thanks.

    37. Nissa

      Kalau sya bawa rombongan 130 orang bisa tidak dalam 1waktu ke kpsbu dan susu sapi?
      Apa harus pakai proposal kesana?

    38. mas, susu sapi murni yang harganya Rp. 2300,- per liter itu di jual di jakarta nggak? kalo boleh, saya mau tau tempat jualnya di jakarta. Pengen beli gitu untuk ibu saya

    39. Kang, bgs pisan info’y KPSBU th emang hebaaaat…. pisan.
      Kalo ada yg mau beli langsung kebetulan baPak saya peternak sapi yg kerjasama dengan KPSBU yg mau ke lembang aja tepat’y d Jl. Tangkuban Parahu Lapang Girang CIKOLE LEMBANG BANDUNG BARAT Jawa Barat atau kalo mau datang e-mail dulu ke cerlangga@gmail.com

      NUHUN AH . . . . . .

    40. Andi D'z83

      allo smua, sy lg ingin membuka usaha susu segar…yang ingin saya tanyakan dimana sy bisa dpt distributor susu, emang yg benr hrg 1 liter susu brapa skarang, kalo pesen 1 tangki brapa ? email ke andi_shadows@yahoo.com kalo ada info. nuhun pisan.

    41. ebeth

      Kpsbu emang ok,. apalagi terobosan2nya, cute banget. he….he…he…

    42. Bethy

      Gua salut sama bagian pemasarannya, sekelas koperasi tapi udah kayak korporasi. Boleh dong intip konsepnya, kali aja bisa di aplilkasi di tempat gua.

    43. Kemarin gua jalan ke Lembang, tetapi gak nemuin.
      Di mana sih tempatnya ?

    44. Patokannya Pasar Lembang saja, karena KPSBU ada di dalam area pasar tersebut, pilih akses masuk pasar yang ke arah Sesko AU.

      Untuk mudahnya datangi saja Pasar Lembang, lalu tanyakan lokasi KPSBU, orang-orang sudah pada tahu. Trims

    45. Xander Cage

      allo smua, sy lg ingin membuka usaha susu segarā€¦yang ingin saya tanyakan dimana sy bisa dpt distributor susu, emang yg benr hrg 1 liter susu brapa skarang? email ke XanderCage23@gmail.com kalo ada info. nuhun pisan

    46. yan rivai

      alhamduliLLah ada orang baek seperti pak indra kh yg mempromosikan susu di daerah saya….kl ada yg mau letak KPSBU contact saya aja(022-70752224),rumah
      saya hny berjarak skt 100m dr KPSBU.tx.

    47. Nah silahkan pembaca, ada sahabat kita yang siap membantu. Nuhun Kang Yan.

    48. ichan

      duh saya bentar lagi mau k lembang ,,mau penelitian d peternakan sapi masyarakat.. masih blank lembang itu dimana?,, belum pernah ke sana abisnya,,

    49. gangga Hippy

      Pak…kl buat wisata pendidikan bawa anak2 TK ke daerah ini kira2 bagaiamna?
      bayanyak manfaatnya atau anak2 akan terlalu lelah?
      saya mhn infonya, lagi cari wisata buat anak2 TK tapi yang ada pendidikannya jg..

      terimakasih.
      Salam,
      gangga Hippy

    50. nanang

      Mohon info jadi agen SUSU SAPI MURNI lokasi saya di bekasi tepatnya Cikarang

    51. jatmiko

      suplaier susu sapi murni untuk jakarta ada g?trus lokasinya dimana?tnx

    52. Kalau Bapak ingin mencari susu sapi murni didaerah Tambun sdh ada peternakan sapi perah, Alamatnya : Jl. Kinem RT01 RW03 Kp.Buwek Desa Sumber Jaya _ Tambun Selatan ( Dekat Perumahan Permata Regensi ) Telp. 021.70984412 ( H.Untung )

    53. siti romlah

      Assalamualaikum wr. wb.
      Saya bermaksud mengadakan kunjungan industri dg mahasiswa saya… bagaimana prosedurnya? boleh minta Alamat & contact person nya?…
      Thanks before
      Wassalam..

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s