Mencari Kedai Sate Yang Enak

Siapa yang tidak suka sate ? Saya pikir mayoritas kita adalah penikmat sate, baik sate ayam, kambing, sapi, ataupun sate kelinci. Kedai sate ataupun penjual sate keliling sangat mudah kita jumpai. Berbagai food court di pusat perbelanjaan pun kini rata-rata sudah dilengkapi dengan stand sate.

Untuk mencari lokasi penjual sate yang enak memang gampang-gampang susah. Kita harus rajin menggali informasi dari kerabat dan rekan-rekan, atau mencarinya di media massa.

Berbagai kedai sate pernah saya kunjungi, kendati mungkin jumlahnya belum sebanyak Anda. Untuk Kota Bandung, Jakarta dan sekitarnya ada beberapa lokasi yang layak Anda pilih.

Untuk sate sapi, sate maranggi yang berada di Purwakarta, Bandung maupun Jakarta menurut saya masih yang terlezat dari beberapa kedai sate yang ada. Pilihan berikutnya adalah kedai sate H Mas’ud di Jl. Ir H Djuanda, Bandung ( dekat Sekolah Darul Hikam).

Dibanding sate sapi maupun sate kambing, sate ayam adalah yang paling banyak dijual. Namun tetap saja mencari penjual sate yang enak tidak mudah. Sate Jl. Anggrek menurut saya masih yang teruenak di kota Bandung. Urutan selanjutnya adalah sate madura Jl Suryani, Bandung – dekat Andir. Untuk kota Jakarta, sate ayam Joglo – kebun jeruk layak masuk perhitungan.

Photobucket - Video and Image Hosting

Menunggu sate kambing di warung sate tegal H Chasmadi. Dari kiri ke kanan, searah jarum jam ; Mas Budi, Pak BR , Roisz, Yan, Indra.

Untuk sate kambing lumayan banyak nominasinya. Bila berkunjung ke kota Bandung Anda boleh mencoba sate banyumas, di Jl. Ir H. Djuanda – Simpang Dago, sate Kardjan di pasirkaliki, ataupun Le Mans di Jl. Buah Batu. Satu lokasi yang sayang untuk dilewatkan adalah sate H Hadhori di Stasiun KA Bandung. Sate kambing di sini menurut saya masih yang nomor satu di kota kembang.

Untuk wilayah Jakarta Anda jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi sate H Saleh Kumis di Jl. Blora. Khusus lokasi ini saya pernah membahasnya juga pada tulisan beberapa bulan lalu, yakni tentang sop kaki kambing H Saleh Kumis. Yang lainnya adalah warung sate tegal H Chasmadi di Jl. Kuningan Barat – dekat gedung Cyber. Saya kira dari berbagai sate kambing yang ada, sate tegal H Chasmadi inilah jawaranya. Rasa daging kambing mudanya yang manis dan empuk, dicampur bumbu kecap ataupun bumbu kacang akan membuat lahap makan anda. Tidak usah memesan banyak-banyak, saya sarankan Anda cukup memesan lima tusuk sate plus sop kambing, dan teh poci untuk minumnya, saya jamin pasti akan ketagihan makan di sana. Harganya pun relatif murah. Untuk makan bertiga dengan menu seperti tadi, Anda cukup merogoh kocek 50 ribu rupiah.

Terakhir adalah sate kelinci. Mungkin tidak banyak yang menjual sate jenis ini, dan tidak banyak orang yang doyan. Namun jika penasaran ingin mencoba sate kelinci, Anda dapat mencarinya di sepanjang Jl. Raya Bandung – Lembang. Di kawasan ini banyak sekali warung-warung penjual sate kelinci. Namun dari semua tempat yang ada, sate kelinci Pak Sapri menurut saya merupakan yang terenak. Rasa daging kelincinya empuk dan tidak anyir. Jika Anda datang ke Bandung sara sarnkan Anda jangan melewatkan untuk mencoba sate kelinci Pak Sapri.

***
Mungkin tulisan ini hanya membahas beberapa lokasi saja. Boleh jadi anda memiliki referensi lain yang lebih mumpuni. Anda punya info lokasi penjual sate lain yang lebih enak ?

18 Komentar

Filed under food and drink

18 responses to “Mencari Kedai Sate Yang Enak

  1. RAN

    Sate Blora di Pasirkaliki Bandung, juga enak. Deket perempatan Istana Plaza (dari arah ST. KA Bandung).

  2. Rully

    wogh … bener tuh kata RAN.

  3. bogisatrio

    pernah cobain sate buntel yg di samping Brownies amanda yg di antapani gak mas ? coba deh .. rasanya nendang banget .

    @ Bogi satrio : Waah boleh juga tuh referensinya, di Bandung lagi. Nanti saya coba, mas. Btw salam kenal, trims sudah mampir di blog saya🙂

  4. dikfa-trans 7

    mas, aku dikfa trans 7. sate kelinci di jakarta ada gak ya?
    aku lagi mau buat paket sate kelinci untuk obat asma.
    thanx
    08129294386

    @ dikfa: Salam kenal dikfa, trims sudah mampir ke blog ini. Waduuh mohon maaf saya belum pernah menemukan kalau di Jakarta, mungkin diantara Anda para pembaca ada yang tahu? Saya sarankan lebih baik ke Lembang saja, banyak pilihan. Tampaknya Bandung – Jakarta PP saat ini tidak terlalu lama.

  5. Ping-balik: Kopdar alias Ketemuan di Senayan City « Indra KH

  6. samsul

    mo numpang dikit, buat temen_temen yang seneng atau algi cari sae daging kelinci di jakrta tenang aja, karena belu ama lagi kita dapat makan sate kelinci di jakarta

  7. sidiq

    Samsul. bener nich? kalo blh tw dmn ya?

  8. didi sutisna

    di jakarta ada didaerah mana ste kelinci…?

  9. ono

    sate kambing ama tongseng atau gule kaki kepala kambing…mbah’joyo-lembang…

  10. ono

    weenaakk tenannn….!!!! lembang dingin…jadi angeut.. hehehe…

  11. ono

    sate nya… weumpuk…

  12. zaerudy

    Sate kelinci yang ca’em di jakarta, anda bisa coba di Warung Sate Kelinci “PakTo”, Jl. Perikanan I – Jl. Moh. Kahfi II Srengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan. Tlp 021 727 1512

  13. ayah ayyin

    assalamualaikum …. om dan tante ada yang tau lagi ga alamat yang jual sate kelinci, anak saya kena asma …. katanya buat obat. kirim ke email saya yah (dedy_syahyuni@yahoo.com).

    makasih yah …

  14. Ping-balik: Warung Sate Kambing Yayan Gondrong « Indra KH

  15. rrj

    sate + tongseng = Manteb Suranteb

  16. fadjar budi suhardjono

    bisa kasih nama warung nasi goreng kambing yang paling enak di kebon sirih, ada sate kambingnya juga?

  17. yandela

    Up date lagi dong kedai sate klenci lokasi jakarta yg maknyuss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s